Resep Rendang Daging Padang Asli

Resep Rendang Daging Padang Asli - Resep Rendang Daging Padang Asli merupakan sebuah resep yang menjadi Salah satu Resep yang nantinya akan menjadi Resep Untuk menu Makan bersama Keluarga besar di Hari Raya Idul Adha yang tinggal menghitung hari lagi, Nah Sudahkah anda mempunyai Rencana Untuk memasak masakan apa Nantinya pada Hari lebaran, Jika anda belum mempunyai rencana sepertinya Resep Rendang Daging Padang Asli ini Bisa Menjadi salah satu pertimbangan anda, Terutama nantinya Jika anda Kebagian Daging Kurban, Bisa ne anda peraktekan, hitung-hitung untuk Menambah wawasan anda mengenai Aneka Macam Resep Masakan yang Anda Buat selama ini.

Resep Rendang Daging Padang Asli ini Juga merupakan Sebuah Resep yang menjadi salah satu Resep Pelengkap kita sebelumnya yakni Resep Kue Lapis Pandan dan Juga Resep Rendang Daging Sapi , Baiklah untuk anda yang sudah tak sabar ingin mencoba resep yang satu ini Mari lebih baik jika langsung saja kita lihat Cara dan pembuatanya di bawah ini.

Resep Rendang Daging Padang

Resep Rendang Daging Padang Asli


Bahan Rendang Daging Padang :

  • 1 ½ kilo daging sapi
  • 12 gelas santan dari 3 butir kelapa
  • 2 biji asam kandis
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 lembar daun kunyit
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • Garam secukupnya

Haluskan:

  • 1 ons cabe merah
  • 15 buah bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 5 buah kemiri
  • 2 cm jahe
  • 3 cm laos (yang ini tidak perlu dihaluskan, cukup di keprak saja)

Cara membuat rendang daging padang :

  1. Daging dipotong2 sesuai selera.
  2. Dalam wajan: rebus santan dengan bumbu-bumbu yang dihaluskan plus daun-daun dan asam kandis.
  3. Aduk terus sampai mengental agar santannya tidak pecah. Kalau sudah mulai keluar minyak masukan potongan-potongan daging
  4. Aduk terus dan dimasak dengan api sedang. Kalau mau dihitamkan kecilkan apinya.

Tips Dalam Membuat Rendang Daging :

  1. Sedikit tambahan untuk resep tsb (supaya lebih enak,boleh di test):
  2. 1kg daging, kelapanya 3 butir dibuat santan kental, jadi kalau 1,5 kg sebaiknya 5 butir kelapa.
  3. Ditambah 3 lembar daun salam, juga untuk serai ditambah jadi 2 batang, daun jeruk ditambah menjadi 4 lembar
  4. Ditambah 2 sdm kelapa parut sangrai yang sudah digiling halus (sampai keluar minyak)
  5. Sedikit gula, bila suka
  6. Kalau ingin rasanya lebih sarat bumbu, cabe, bawang putih & merahnya boleh ditambah lagi
  7. Supaya lebih meresap bumbunya, sebaiknya daging diungkep dulu bersama dengan semua bumbu & daun, setelah air dagingnya kering baru masukan santan, diaduk terus sampai mendidih. Kecilkan api, masak sampai bermiyak (hitam) dengan sekali-sekali diaduk agar tidak lengket & matangnya merata.
  8. Kebetulan kalau bikin rendang saya juga memasukkan sedikit asam kandis, tetapi rasanya tidak menjadi asam sama sekali kok (kali kalah sama rasa bumbu dan santannya), soalnya paling asam kandisnya 2 atau 3 biji. Kata orang sih, asam juga dapat berfungsi sebagai pengawet alami? (bener nggak sih).
  9. Kadang ada orang yang bilang kenapa kalau masak rendang tidak bisa hitam seperti rendangnya orang Minang. Ibuku bilang, supaya rendang bisa hitam, kuncinya jangan pakai kunyit. Kalau pakai kunyit, biar masaknya lama dengan api kecil pun, rendang tetap kelihatan merah (seperti kalio).
  10. Supaya dedaknya banyak, santan juga harus banyak. Memeras santan untuk rendang, perasan pertama sebaiknya jangan ditambahkan air dulu.Peras kelapa dengan menggunakan kain/serbet khusus, supaya patinya keluar.


Oke, Baiklah sampai di sini Dahulu artikel Resep Rendang Daging Padang Asli yang bisa Blog Menu Buka Puasa Berikan InsyaAllah di Lain waktu kita akan membagikan Resep Yang lebih banyak lagi, heppy Cookking

2 comments:

Lia Lathifa said...

Rendang memang menjadi andalan menu masakan di rumah kami, kalau sedang malas akhirnya beli di warung padang atau sedia stok pakai rendang kemasan seperti kisahku ini http://lialathifa.blogspot.com/2013/04/ini-dia-6-keistimewaan-rendang-padang.html

My activity said...

Rendang padang emang enak...thanks ya resepnya.biasanya kalo bikin rendang saya suka beli bumbu dapur yang udah jadi.sekarang udah tahu bumbu aslinya mau coba masak rendang sendiri...pasti enak..

Post a Comment

Powered by Blogger.